4 Basic Simple Question!

Yuk Kenali Tandanya Kalau Ada Yang Sedang Rindu
2 April 2017
The Key to Boost Up Your Self & Your Business
1 May 2017

4 Basic Simple Question!

 

Passion is not what you are good at, its what you enjoy the most

Sudah pernahkah kamu menanyakan 4 pertanyaan ini? Yuk coba kita jawab dengan jujur.

Know What You Do

Tahukah kamu apa yang sebenarnya sedang kamu kerjakan? Apa yang membuatmu harus bangun pagi, harus pergi ke kantor, harus rela capek, pulang malem, lembur, apakah hanya untuk sebuah pekerjaan? Atau apa? Apa sih yang sebenarnya sedang kamu kerjakan? Coba dong jelasin dengan simpel, kamu tuh lagi ngapain sih?

Kamu Enjoy nggak sih? Kamu Bahagia nggak sih? Coba, kamu inget-inget, kapan terakhir kali kamu merasa sangat bersemangat dan sangat suka dengan yang kamu kerjakan. Kapan terakhir kali kamu merasa tertantang. Kalau kamu masih merasakan itu, kamu tentu tahu apa yang sedang kamu kerjakan. Karena ketika kamu tahu, kamu akan merasa bahagia dan tulus ikhlas menjalaninya.

Know Why You Do

Kenapa kamu melakukan itu? Kenapa kamu harus melakukan itu? Kenapa kamu harus melakukan itu setiap hari? kenapa kamu mikirin kerjaan kamu? Kenapa? Yuk yuk jawab kenapa? Apa sih benefitnya? Apa sih manfaatnya buat hidup kamu, buat keluarga kamu, buat hati kamu, buat orang-orang terdekat kamu? Ada nggak sih hal-hal yang membuat kamu harus banget ngelakuin itu?

Banyak kasus, seorang karyawan tidak tahu mengapa dia melakukan pekerjaannya. Ketika ditanya, jawabannya simpel banget, karena disuruh bos, karena diminta bantuan teman, karena ini karena itu, padahal kamu nggak bener-bener tahu, kenapa sih kamu harus melakukan itu? Udah bikin hati dan diri kamu bahagia sih yang kamu lakukan sekarang?

Know How You finish

Emang sampai kapan kamu akan melakukan pekerjaan kamu sekarang? Ujungnya dimana? Sampai kapan kamu kuliah? sampai kapan ngelakuin hobi kamu? Dimana sih garis finnishnya?

Pernah saya ketemu seorang pegiat sosial, yang fokusnya adalah menuntaskan kemiskinan. Lalu saya tanya, kapan sih kamu akan bisa menuntaskan kemiskinan? Apa sih target kamu? Jawabannya normatif, nggak sesuai ekspektasi saya. Kadang, kadang, kita nggak tau gimana caranya mewujudkan apa yang kita mau, apa yang kita inginkan! ini fase paling parah dan paling sia-sia, ketika kita udah bisa mimpiin tapi nggak bisa wujudin karena nggak tau caranya. Misal, kamu pengen jadi seorang pengusaha, penulis, dokter, pilot, polisi, pelawak, penari, pelukis, kamu udah tau belum gimana step-stepnya supaya bisa mencapai apa yang kamu inginkan?

Know how to make it faster, cheaper, and better

Oke, sekarang pertanyaan terakhir. Kamu udah tau, apa yang sedang kamu kerjakan sekarang, kamu udah tau kenapa kamu mengerjakan pekerjaan kamu, dan kamu udah tau bagaimana kamu menyelesaikannya, nah sekarang coba dipikirin, bisa nggak sih itu semua dipercepat, dipermudah, dibuat menjadi lebih baik, lebih humanis, lebih ramah.

Selalu tanyakan 4 hal itu, pada hal-hal baru dalam kehidupan kamu. Pastikan kamu tau dan bisa menjawab 4 hal tersebut, karena bisa jadi, hidup kamu akan lebih mudah dan lebih terarah. Kamu akan lepas dari hal-hal yang sebenarnya hanya membuang-buang waktu kamu saja. Kamu akan tau, alasan terbesar kamu bergerak, dan kamu akan tau bagaimana cara paling cepat untuk bisa mencapai mimpi kamu.

Job is not your career, your career is not also your job, maybe 🙂

Agak absurd tulisannya, semoga bermanfaat…

#Pemanasan Nulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *